Sabtu, 15 Oktober 2016


NAJIHA BRLIANTI
14115959
2KA01

TEORI ORGANISASI UMUM


BAB I
KOMUNIKASI




    A.      PENGERTIAN KOMUNIKASI

Komunikasi adalah proses dimana orang bekerja untuk bertukar informasi antara dua orang atau lebih didalam organisasi atau tidak. Dalam menyampaikan informasi harus efektif dan efisien.

Komunikasi Efektif  : Terjadi bila isi dari informasi yang diberikan sama dan satu.
Komunikasi Efisien : Terjadi bila waktu atau biaya yang di gunakan seminimumnya.

                Unsur – unsur yang terdapat dalam komunikasi :

-          Sebagai kegiatan seseorang untuk mengerti
-          Sebagai sarana pengendalian informasi
-          Sebagai sistem bagi terjalinnya komunikasi diantara individu-individu.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli :

·       James A. F. Stoner, yaitu sistem di mana seorang berupaya memberi pengertian lewat cara perpindahan pesan.
·      Prof. Drs. H. A. W. Widjaya, menyampaikan kalau pengertian komunikasi yaitu jalinan kontak antar serta pada manusia baik individu ataupun grup.
·      William J. Seller menyebutkan kalau Pengertian Komunikasi yaitu sistem di mana lambang verbal serta nonverbal dikirimkan, di terima serta di beri makna
·      Raymond Ross menyebutkan kalau Pengertian Komunikasi yaitu proses menyortir, memilih serta pengiriman beberapa lambang sedemikian rupa supaya membantu pendengar membangkitkan respons/makna dari pemikiran yang sama dengan yang ditujukan oleh komunikator.
·       Carl I. Hovland menyebutkan kalau Pengertian Komunikasi yaitu satu sistem yang sangat mungkin seseorang menyampaikan rangsangan (umumnya dengan memakai simbol verbal) untuk merubah tingkah laku orang lain.
·       Onong Uchjana Effendy menyebutkan kalau Pengertian Komunikasi yaitu sistem penyampaian pesan oleh seseorang pada orang lain untuk memberi tahu, memiliki pendapat, merubah sikap atau tingkah laku baik secara langsung maupun tak langsung.

·       Colin Cherry menyebutkan kalau Pengertian Komunikasi yaitu sistem di mana pihak-pihak saling memakai info untuk meraih tujuan bersama serta komunikasi adalah kaitan hubungan yang diakibatkan oleh penerus rangsangan serta pembangkitan balasannya.

    B.      JENIS DAN PROSES KOMUNIKASI

a.       Komunikasi Lisan :

o   Komunikasi Langsung adalah komunikasi yang di lakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak di bataso olrh perantara apapun. Contoh wawancara, rapat dan berpidato.
o   Komunikasi Tidak Langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telpon, handphone, VOIP.

b.      Komunkasi Tulisan :

o   Komunikasi tulisan adalah komunikasi yang dilakuan melalui perntara tulisan tanpa adanya pembicaraan secra langsung dengan menggunakan bahasa yang signkat.
o   Komunikasi tulisan juga  dapat melalui naskah – naskah yang menyampaikan informasi seperti surat kabar, majalah, buku – buku.

             c.     Proses Komunikasi

·       Pengirim(Sender=Sumber) adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi serta mempunyai kepentinga mengkomunikasikan kepada orang lain.
·       Pengkodean (Encoding) adalah pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat.
·       Pesan (Massage), pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima.
·       Saluran (Chanel) adalah cara mentrasmisikan pesan, misal kertas untuk surat, udara untuk kata-kata yang diucapkan.
·       Penerima (Recaiver) adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi.
·       Penafsiran kode (Decoding) adalah proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya. Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi.

·       Umpan balik (Feedback) adalah pembalikan dari proses komunikasi dimana reaksi kominikasi pengirim dinyatakan.

    C.      JENIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI :



a.       Komunkasi Formal dan Informal

Komunikasi formal adalah komunikasi yang mengikuti rantai komando yang dicapai oleh hirarki wewenang. Komunikasi informal adalah komunikasi yang terjadi di luar tanggung jawab wewenang.

Dalam komunikasi informal timbul karena adanya berbagai maksud :

o   Pemuasan kebutuhan manusiawi
o   Perlawanan terhadap penonton yang membosankan
o   Keinginan  untuk mempengaruhi odang lain
o   Sumber informasi hubungan pekerjaan

Jenis lain dari komunikasi informasi adalah adalah dasas-desus yang secara resmi tidak setuju.

b.    Komunikasi Ke Bawah dan Komunikasi Ke Atas

Komunikasi kebawah mengalir dari peringkat atas ke bawah dalam herarki. Komunikasi ke atas adalah berita yang mengalir darin peringkat bawah ke atas atas suatu organisasi. Komunikasi lateral adalah sejajar antara mereka yang berada tingkat satu wewenang.

c.    Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah

Komunikasi satu arah, pengirim berita berkomunikasi tanpa meminta umpan balik, sedangkan komunikasi dua arah adalah penerima dapat dan memberi umpan balik.

    D.      KOMUNIKASI EFEKTIF


Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap
pada orang lain yang bisa terlihat dalam proses komunikasi.

Tujuan Komunikasi Efektif :

Tujuan dari Komunikasi Efektif sebenarnya adalah memberikan kemudahan dalam memahami pesan yang disampaikan antara pemberi informasi dan penerima informasi sehingga bahasa yang digunakan oleh pemberi informsi lebih jelas dan lengkap, serta dapat dimengerti dan dipahami dengan baik oleh penerima informasi, atau komunikan.

Tujuan lain dari Komunikasi Efektif :

Agar pengiriman informasi dan umpan balik atau feed back dapat seimbang sehingga tidak terjadi monoton. Selain itu komunikasi efektif dapat melatih penggunaan bahasa nonverbal secara baik.
Menurut Mc. Crosky Larson dan Knapp mengatakan bahwa komunikasi yang efektif dapat dicapai dengan mengusahakan ketepatan (accuracy) yang paling tinggi derajatnya antara komunikator dan komunikan dalam setiap komunikasi.

Komunikasi dapat dikatakan efektif apa bila komunikasi yang dilakukan dimana :

-       Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
-       Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan di tindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
-       Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.

    E.       IMPLIKASI MANAJERIAL

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.

      Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
-       Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
-       Implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.


Referensi :

1. http://zabidin1993.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-komunikasi-arti-penting.html
2. http://www.lahiya.com/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli-defini-dan-proses/

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts