Sabtu, 08 Oktober 2016


Kebanyakan orang mengatakan bahwa "ahhh sistem informasi sama teknologi informasi itu sama aja, coding codingan jugaa". Oleh karena itu saya disini akan menjelaskan apa fungsi dan perbedaan antara sistem informasi dan teknologi informasi. Enjoyy!



            Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen, dimana aktivitasnya berhubungan dengan algoritma, data dan teknologi

Untuk lebih jelas mengenai sistem informasi, berikut ini adalah beberapa pengertian sistem informasi menurut para tokoh, ahli, ilmuwan, dan mereka yang bekerja pada bidang ilmu sistem informasi :
1. Mc.Leod
Pengertian sistem informasi yang pertama berasal dari pernyataan yang diungkapkan oleh Mc Leod. Mc Leod menyatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem yang memiliki sebuah kemampuan tertentu untuk mengumpulkan informasi dari berbagai macam sumber, dengan cara memanfaatkan beragam media untuk menampilkan informasi yang sudah diperoleh.
2. Hanny Lucas (1988)
Lucas (dalam Sudaya) mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu kegiatan dari prosedur – prosedur yang diorganisasikan, yang mana apabila sistem tersebut dieksekusi, maka sistem tersebut akan menyediakan berbagai informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan juga pengendalian yang ada di dalam suatu organisasi.
3. Tata Sutabri
Pengertian dari sistem informasi berikutnya datang dari Tata Sutabri, yang menyatakan bahwa sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi, dimana sistem tersebut dapat mempertemukan kebutuhan akan pengolahan data transaksi yang dapat mendukung fungsi manajerial sebuah organisasi.
4. Riyadi
Riyadi, dalam modul pengantar konsep sistem informasi yang dibuatnya mengatakan bahwa sistem informasi merupakan suatu sistem tertentu yang mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi user atau penggunanya.
Lebih lanjut disebutkan pula bahwa sistem informasi adalah suatu bentuk sistem terintegrasi dari manusia dan mesin, yang dimanfaatkan untuk menyediakan informasi pada operasi dan manajeman pada suatu organisasi.
5. Erwan Arbie
Erwan Arbie juga memberikan pengertian lainnya mengenai sistem informasi. Sistem informasi adalah sebuah sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.


Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang di gunakan untuk memproseh, mendapatkan, menyusun, menyimpan dan memanipulasi data awala menjadi sebuah informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu yang digunakan oleh perorangan dan juga perkelompok untuk mengambil keputusan yang tepat.Berikut pengertian teknologi informasi menurut para ahli :
1. Menurut Haaq dan Keen
Satu set alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
2. Menurut Martin
Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.
3. Mc Keown
Pada tahun 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informasi merujuk pada segala bentuk teknologi yang digunakan untuk membuat, menyimpan, mengubah, dan menggunakan informasi dalam segala bentuknya.
4. Williams dan Sawyer
Pada tahun 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video. William dan Sawyer memberikan pemahaman tentang TI adalah kombinasi dari komputer yang berhubungan dengan saluran komunikasi dengan transmisi data kecepatan tinggi, baik dalam bentuk teks, audio dan video. Data dalam bentuk multimedia yang ditampung dengan menggunakan komputer.
5. Kenneth C.Loudon
Pada tahun 2004 Kenneth C.Loudon mendefinisikan Teknologi Informasi adalah salah satu alat yang digunakan oleh para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah diolah dan dibuat sebelumnya dalam penyimpanan komputer.


PERBEDAAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

  A. Sistem informasi mencakup seluruh system dalam perusahaan termasuk teknologi, akutansi,            manajemen. Menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem    informasi organisasi.
  B.    Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan  organisasi akan informasi dapat terpenuhi -Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber    daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian    visi dan misi yang dicanangkan.
  C.  Sedangkan Teknologi informasi berfungsi untuk menunjang kegiatan sistem informasi itu sendiri       dengan pembuatan software, hardware dan juga database. Menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.
  D.  Kurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika,            komputasi, dan algoritma – yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program  komputer.

SEJARAH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGO INFORMASI

Sejarah Sistem Informasi

·         Periode Pertama : Pra Mekanik
Pada tahun 2000 – 3000 sebelum masehi, manusia menggukana gambar untuk menyampaikan sebuah informasi contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timut Tengah dengan menciptakan model yang sama. Kemudian bangsa Yunani Kuno mengadaptasinya dengan menambhakan huruf vocal yang membuatnya mudah di gunakan. Kemudian bangsa Romawi Kuno juga memakainya yang menjadi alphabet seperti  yang kita gunakan saat ini. Setelah itu bangsa Mesir  menciptakan sistem angka.
·        
      Periode Kedua : Mekanik

Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar.
·         
      Periode Ketiga : Elektromagnetik

Pada saat dimana Pascaline di buat maka energy digunakan untuk memberikan energy untuk menjalankan penemuan mesin. Kemudian dibuatlah juha telepon dan kode morse untuk komunikasi jarak jauh kemudian pada awal tahun 1948 di buatlah Manchester Mark 1 yang berkembang menjadi laptop , tablet dan smartphone.


·         Periode Keempat : Elektronik

Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya.

Sejarah Teknologi Informasi

·         Masa Prasejarah (…S/d 3000 SM

Pada masa pra-sejarah teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian digambarkannya pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap  keadaan tertentu seperti keadaan bahaya.

·         Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400 M)

Pada masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan  tertentu seperti upacara, dan ritual.
  a.     Masa tahun 3000 SM, orang mulai mngenali symbol untuk informasi dari Bangsa Sumeria
  b.   Masa Tahun 2900 SM, Bangsa Mesi Kuno sudah mengenal huruf yang di sebut Hierogliph yang      merupakan symbol atau ungkapan.
  c.    Masa Tahun 500 SM, masa ini dikenalkan dimana yang sebelumnya informasi menguunakan tanah    liat, pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan infomasi menggunakan serat    pohon papyrus.
  d.      Masa Tahun 1455, masa ini ditandai dimana manusia menggunakan mesin cetak yang merupakan        plat huruf yang terbuat dari besi.
  e.      Masa Tahun 1900, Orang sudah mengenal program computer, Augusta Lady dan juga Charles             Babbage mengguakan mesin analythical dengan programnya di desain untuk mampu menerima           data, mengolah dan mengeluarkan data berupa kartu.

·         Masa 1900 AN

Masa Tahun 1900, tahun 1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama. Tahun 1940  dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.


CONTOH SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLIGI INFORMASI

Contoh Sistem Infromasi :
   1.      TPS(Transaction Pocessing System) :
a.      Sistem Perhitungan Gaji
b.      Aplikasi Bantuan Keuangan Desa
   2.      OAS(Office Automation System) :
a.      Desktop Publishing
b.      Email
c.       Electronic Spreadsheet
   3.      SIM(Informatic Management System) :
a.      E- Procurement
b.      SIM PTSP
   4.      DSS(Decision Support System) :
a.      Program Sekolah Tunas Bangsa Mempunyai Link Sekolah
b.      Penunjang Sistem Pengambilan  Keputusan Pada Kampus
   5.      ES(Sistem Ahli)  Dan AI(Artifical intelligence) :
a.      SIstem Jadwal Mekanik
b.      Aplikasi Ramalan
   6.      GDSS(Group Deccision Support) dan CSCW (Computer Collaborative Work System) :
a.      E- Government
   7.      ESS (Executive Support System) :
a.      Chart/Grafik

Contoh Teknologi Informasi :

    1.      Rekayasa Perangkat Lunak
    2.      Pemrograman Dan Komputasi

21 komentar:

  1. informasi yang diberikan bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  3. makasih infonya mbaaa :))

    BalasHapus
  4. mantap informasinya terima kasih

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  6. Seperti biasanya, mantap mba najiha artikelnya...

    BalasHapus
  7. Terimakasih untuk artikelnya. Sangat membantu dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan, sehingga yang ingin melanjutkan kuliah, tidak bingung lagi menentukan jurusan pilihan :)

    BalasHapus
  8. Nice info sis,hehe thanks yaps :D jadi paham deh skrg,heheh

    BalasHapus
  9. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
  11. Keren kaka jihaa, boleh ketemuan enggak minta tanda tangan saya nge fans banget soalnyaa :)

    BalasHapus
  12. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  13. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus
  14. keren bgt sis artikelnyaa, jd makin tau ttg si dan ti

    BalasHapus

Popular Posts